E-WOM memoderasi hubungan antara Influencer dan Duta Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Kasus pada konsumen Maybelline Lipstick di Subang, Jawa Barat)
Abstract
Secara umum, pembeli rata-rata membuat keputusan pembelian produk Maybelline dipengaruhi oleh pemasar influensial, duta merek, dan ulasan dari orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak pemasar influensial, duta merek, dan efek moderasi e-word-of-mouth terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian ini adalah eksplanatif dengan jenis survei eksplanatif, menggunakan data primer dari 150 sampel penelitian. Hasil menunjukkan pengaruh positif dari pemasar influensial dan duta merek terhadap keputusan pembelian. R₂ sebesar 53,4%, sementara 46,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel moderasi e-word of mouth memberikan pengaruh negatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, R. P., Alimuddin, I., & Malik, A. (n.d.). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JILBAB ZOYA PADA OUTLET ZOYA CABANG PERINTIS MAKASSAR. 4.
Asty Almaida, A. Nur Baumassepe, & Widi Fatima Azzahra. (2023). Social Media Influencers vs. Brand Ambassadors for Brand Image. Journal of Retailing and Consumer Services, 12, 103149. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.103149
Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE DI WILAYAH JAKARTA TIMUR. 1(1).
Driving Consumer Engagement in Social Media Influencing Electronic Word of Mouth (Bianchi, Anna) (Z-Library).pdf. (n.d.).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15 [edition]). Pearson.
Kusuma, A. C., Listyorini, S., & Hadi, S. P. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Brand Image, dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Emina Cosmetics di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 118–126. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33528
Nisa, R. R. (2019). PENGARUH SOSIAL MEDIA INFLUENCER DAN TRUSTWORTHINESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAKE OVER (DI ROYAL PLAZA). 07(02).
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer behavior & marketing strategy (9. ed). McGraw-Hill Irwin.
Pratminingsih, S. A., & Busisness, D. (2019). The Influence of Electronic Word of Mouth and Brand Image on Buying Decision. Control Systems, 11.
Putri, N. Z., & Widodo, T. (n.d.). Analisis Pengaruh Customer Review Dan Influencer Review Dengan Trust Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Purchase Intention Pada E-Commerce (Studi Pada Tokopedia).
Ruiz-Mafe, C., Bigne-Alcañiz, E., Sanz-Blas, S., & Tronch, J. (2018). Does social climate influence positive eWOM? A study of heavy-users of online communities. BRQ Business Research Quarterly, 21(1), 26–38. https://doi.org/10.1016/j.brq.2017.12.001
Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Advertising, promotion, and other aspects of integrated marketing communications (9th ed). South-Western Cengage Learning.
Sugiharto, S. A., Ramadhana, M. R., Psi, S., & Psi, M. (2018). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP SIKAP PADA MEREK (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jrbmt.v8i1.25008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
........................................................................................................................
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT)
ISSN (Online) : 2599-0837
Accredited by DGHE Ministry of Education and Cultural Rep. of Indonesia: SINTA 5