PENGARUH STRATEGI GREEN MARKETING DAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada member Tupperware di Kota Rangkasbitung)

Erik Indra Kusuma, Djasuro Surya, Indra Suhendra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi green marketing dan pengetahuan lingkungan secara langsung terhadap minat beli, serta pengaruh tidak langsung dari strategi green marketing dan pengetahuan lingkungan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening. Data dikumpulkan dalam penelitian ini melalui metode kuesioner terhadap 88 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, berdasarkan kriteria member Tupperware yang tinggal di kota Rangkasbitung. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 20 dan Sobel Test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa green marketing dan pengetahuan lingkungan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian, namun minat beli tidak terbukti menjadi variabel intervening terhadap hubungan green marketing dengan keputusan pembelian maupun hubungan pengetahuan lingkungan dengan keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v1i1.2606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa

Creative Commons License

Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License