Memunculkan Daya Saing UMKM: Strategi Pemasaran Digital dalam Membangun Keunggulan Kompetitif UMKM di Makassar
Abstract
Di era digital yang dinamis ini, strategi pemasaran tak henti bertransformasi dan berinovasi. Salah satu strategi yang kian populer adalah digital marketing, dengan media sosial marketing dan influencer marketing sebagai pionirnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguak pengaruh kedua strategi ini terhadap strategi marketing dan keunggulan bersaing UMKM di Kota Makassar. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 110 pelaku UMKM Makassar yang memanfaatkan kuesioner sebagai sumber data. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM. Penelitian ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM Makassar dalam meningkatkan kinerja bisnis mereka dalam memahami pengaruh media sosial dan influencer marketing terhadap strategi marketing dan keunggulan bersaing mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara pemasaran sosial media dan pemasaran melalui influencer terhadap strategi pemasaran sebagai mediasi terhadap keunggulan bersaing para UMKM di kota Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Irfan (2018), “The Influencer Marketing Revolution,” Social Media Today, February 16, https://www.socialmediatoday.com/news/the-influencer-marketing-revolution-infographic/517146/.
Arbawa, D. L., & Wardoyo, P. (2018). Keunggulan bersaing: Berpengaruh terhadap kinerja pemasaran (Studi pada UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Kendal). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 56-75. http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v11i1.1077
Andayani, D. & D. Darmawan. (2011). Determinan Variabel Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan Sebagai Kontributor Perilaku dan Kinerja Organisasi Berbasis Keunggulan Bersaing, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 35-54. https://journal.unsuri.ac.id/index.php/ebj/article/view/118/andayani-artikel
Anshar, Siti Burdatul Y.; Suryaningsih, Barokah Ika; Sumani. (2016). Pengaruh Selebriti Endorser Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Mahasiswi Universitas Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, Jurusan Manajemen FEB Universitas Jember, Jember http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78066
Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 1, No. 1, pp. 77-88). https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/article/view/47/30
Calle, K., Erazo, J., & Narváez, C. (2020). Digital Marketing and Online Strategies in the Wooden Furniture Manufacturing Sector. Koinonia Interdiscipline Refereed Journal, 5(10), 339-369. https://www.redalyc.org/journal/5768/576869215013/movil
Chandra, G. (2002). Strategi dan program pemasaran. https://onesearch.id/Record/IOS5876.INLIS000000000018996
Cinthya. (2023). 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, dan Contohnya. Accurate Online. Retrivied from accurate.id: https://accurate.id/marketing-manajemen/10-strategi-pemasaran/#Tujuan_Strategi_Pemasaran
Dewandaru, P. (2023). Pengaruh Influencer Media Sosial, Kepercayaan, Persepsi Konsumen Dan Citra Toko Di Instagram Terhadap Niat Beli Konsumen (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Febrinastri F. (2023). Statista: Akhir 2023, Tren Periklanan di Indonesia Tumbuhan Pesat dan Bisa Capai Rp39,7 Triliun. Retrieved from Suara.com: https://www.suara.com/pressrelease/2023/12/26/191500/statista-akhir-2023-tren-periklanan-di-indonesia-tumbuhan-pesat-dan-bisa-capai-rp397-triliun
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen (Sebuah studi literatur). Eksekutif, 15(1), 133-146. https://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/172
Hili, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kota Ambon. Hipotesa - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(2), 21–35. Retrieved from https://e-jurnal.stiaalazka.ac.id/index.php/ojs-hipotesa/article/view/61
Hult, G. T. M., Ketchen Jr DJ, & S.F. Slater. (2005). Market Orientation and Performance: an integration of disparate approaches. Strategic Management Journal, 26, 259–76. https://doi.org/10.1002/smj.494
Hutomo, S. & D. Darmawan. (2011). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Menuju Keunggulan Bersaing, Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), 13-22.
Hootsuite. (2021). Digital in 2021: Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use In Indonesia. Retrivied from wearesocial.com: https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018.
Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer marketing: How message value and credibility affect consumer trust of branded content on social media. Journal of interactive advertising, 19(1), 58-73. https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1533501
Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc. http://dspace.vnbrims.org:13000/jspui/bitstream/123456789/5050/1/Marketing%20Management%2015th%20Edition%20by%20Philip%20Kotler%20%28%20PDFDrive%20%29-2.pdf
Lukmandaru, G., & Istoto, Y. E. B. (2016). Kewirausahaan Hasil Hutan. Yogyakarata: Gadjah Mada University Press Angggota IKAPI. https://ugmpress.ugm.ac.id/en/product/agro-fauna/kewirausahaan-hasil-hutan
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1-13. https://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/83
Mandasari, D. J., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123-128. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432
Nurhayati, P. (2020). Analisis Pengaruh E-Marketing terhadap Competitive Advantage Melalui Kinerja Marketing. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 4(1), 58-67. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.218
Pratiwi, N. A., Rosdiana, Y., & Pembahasan, H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Akuntansi, 2(1), 47-53. https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRA/article/view/973/561
Primanita, N. (2017). Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran dan Inovasi pada UMKM Tenun di Kabupaten Jepara. Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/30720/1/7311413208.pdf
Putri, A. A. (2022). Pengaruh Saluran Media Digital Terhadap Pemasaran E-Commerce B TO C UMKM KSJ Official di Yogyakarta (Doctoral dissertation, UPN" Veteran" Yogyakarta).
Riyanto, G. P., & Nistanto, R. K. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Retrieved from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta#google_vignette
Rizky, M., Yuliati, L. N., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh social media marketing Instagram terhadap repurchase intention melalui experiential marketing dan brand trust. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 9(2), 658-658.
Sari, P. D. P. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Pada Toko Difa Bakery Dan Cake Shop Batang Serangan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan) http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22349
Silalahi, R. J. G., & Simanjuntak M. (2021). Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Pariwisata melalui Orientasi Pasar dan Strategi Competitive Advantage bagi Pemulihan Sektor. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi-Bisnis ISSN (Vol. 2808, No. 2826, pp. 47-57). https://doi.org/10.33479/sneb.v1i.128
Sinambela, E. A., D. Darmawan & B. Gardi. (2022). Production Cost Calculation Analysis Using Variable Costing Method, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(2), 47–50. https://ejournalisse.com/index.php/isse/article/view/10
Siswati, E., & Alfiansyah, R. (2020). Keunggulan Bersaing Umkm Kuliner Berbasis Inovasi (Studi Pada Umkm Keripik Samiler Kasper Di Sidoarjo). IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2), 84-90. https://journal.idei.or.id/jeb/article/view/18
Slide.com. (2024). [Edisi 2024] Tren Pengguna Media sosial dan Digital Marketing Indonesia. (n.d.). Retrieved from Slide.com: https://www.blog.slice.id/blog/tren-pengguna-media-sosial-dan-digital-marketing-indonesia-2024#tren-media-sosial
Retnowati, E., & Mardikaningsih, R. (2021). Study on Online Shopping Interest Based on Consumer Trust and Shopping Experience. Journal of Marketing and Business Research (MARK), 1(1), 15-24. https://doi.org/10.56348/mark.v1i1.30
Riyanto, A. D. (2024). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. Retrieved from andi.link: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/
Rodríguez, L. F. M. ., Bazán, Z. A. ., Dante, A. C. ., Cueva, F. E. I. ., Calla, W. C. ., & Chota, R. M. . (2023). Digital Marketing Strategies and Their Impact on Competitive Advantage: A Focus on Strategic Management . Migration Letters, 21(S1), 624–637. https://doi.org/10.59670/ml.v21iS1.6185
Wahyudi, E. (2021). Strategy of Creating Competitive Advantage Through Product Innovation and Social Media in Improving Marketing Performance of Batik SMEs (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia)).
Zaki, M. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 14-23. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.350
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jrbmt.v8i2.28812
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Netha Eliana Calysta, Delia Delia Layandi, Gracielle Febriana Benly, Sinar Dharmayana Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
........................................................................................................................
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT)
ISSN (Online) : 2599-0837
Accredited by DGHE Ministry of Education and Cultural Rep. of Indonesia: SINTA 5