Analisis Strategi Digital Marketing dan Hedonisme terhadap Purchase Decision iPhone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Audrey Clarissa Valentin Situmorang, Zulkarnain Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Strategi Digital Marketing dan Hedonisme terhadap Purchase Decision Iphone pada mahasiswa program studi Bisnis Digital Universitas Negeri Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS) melalui perangkat lunak SmartPLS versi 3.0. Penentuan jumlah sampel mengacu pada Ferdinand dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Variabel yang diteliti adalah digital marketing (X1), hedonisme (X2), dan purchase decision (Y). Teknik pengumpulan data melibatkan studi kepustakaan, wawancara, observasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan PLS untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing berpengaruh positif terhadap purchase decision iPhone di kalangan mahasiswa program Bisnis Digital Universitas Negeri Medan. Namun, pengaruh tersebut tidak signifikan secara statistik, seperti yang ditunjukkan oleh nilai T Statistics sebesar 1,036 dan P Values sebesar 0,301, yang melebihi ambang batas signifikansi 0,05. Hedonisme terhadap purchase decision melalui uji t menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan dan memberikan efek size besar. Sedangkan secara keseluruhan, digital marketing dan hedonisme berpengaruh positif terhadap purchase decision dengan total pengaruh sebesar 82.1% (16.8% + 65.3%), hedonisme terbukti menjadi faktor yang lebih kuat dan signifikan dalam mendorong keputusan pembelian iPhone pada populasi yang diteliti.

Keywords


Digital Marketing, Hedonisme, Purchase Decision, Iphone

Full Text:

PDF

References


Azizah, U. (2020). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Produk Tabungan Faedah BRI Syariah Ib (Survei Pada Nasabah Bank BRI Syariah KCP Purbalingga). Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Purwokerto, 2020.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Edisi 5). Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares, Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Hayani, H. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Smp Negeri 5. Humanistik’45. https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/humanistik/article/view/182%0Ahttps://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/humanistik/article/download/182/167

Hermawan, A. (2012). Komunikasi pemasaran. Jakarta : Erlangga. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=1641

Novarianto, A. F., Kurniawan, F., Ruliana, P., & Irwansyah, I. (2019). Pengaruh Point of Purchase Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana Di Carrefour Tamini Square. Communicare : Journal of Communication Studies, 6(1), 73. https://doi.org/10.37535/101006120195

Paranoan, N., & Palalangan, Carolus Askikarno Sau, M. (2022). Mengungkap Strategi Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Produk Kuliner Di Makassar. Accounting Profession Journal, 4(1), 61–77. https://doi.org/10.35593/apaji.v4i1.33

Puspita, A., & Ratnanto, S. (2022). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 7(1). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/2101/1777

Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2021). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Rown Division Surakarta). Excellent, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.36587/exc.v7i2.793

Somantri, B., & Afrianka, R. (2020). pengaruh gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Iphone (studi kasus pada siswa dan siswi SMAN 3 kota Sukabumi). CAKRAWALA – Repository IMWI, 3(1), 1–10.

Trimartati, N. (2014). Studi Kasus Tentang Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Hasil Riset.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jrbmt.v8i2.29758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Audrey Clarissa Valentin Situmorang, Zulkarnain Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

........................................................................................................................

Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT)
ISSN (Online) : 2599-0837 
Accredited by DGHE Ministry of Education and Cultural Rep. of Indonesia: SINTA 5