Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Schema) Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik

Nadia Diah Purwanti, Yani Setiani, Fakhrudin Fakhrudin

Sari


Berdasarkan teori APOS, penelitian ini mencoba untuk menilai dan mengkarakterisasi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dalam tiga gaya belajar yang berbeda: kinestetik, auditori, dan visual. Metodologi penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Sebanyak tiga siswa yang masing-masing mewakili tiga gaya belajar yang berbeda dipilih sebagai subjek penelitian. Metodologi pengambilan sampel teoritis digunakan untuk mendapatkan metode pengumpulan data. Alat utama yang digunakan adalah peneliti, yang didukung oleh penilaian kemampuan pemecahan masalah matematika, kuesioner gaya belajar, dan protokol wawancara. Analisis data mengarah pada kesimpulan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dan auditori dapat menyelesaikan tahap APOS jika mereka dapat menjawab pertanyaan matematika pada materi fungsi kuadrat, seperti pada tahap aksi peserta didik menuliskan informasi yang berkaitan dengan permasalahan. Tahap proses, peserta didik membuat rencana penyelesaian dengan langkah-langkah dalam membuat sketsa grafik. Tahap objek, peserta didik mampu untuk membuat sketsa grafiknya. Tahap skema, peserta didik mampu untuk menuliskan jawaban akhir dan kesimpulan atas apa yang dikerjakan. Siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya berbeda pada tahap skema, dimana siswa tidak dapat menuliskan kesimpulan pada lembar jawaban, dan hanya menyebutkannya pada saat wawancara.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, N. (2017) Analisis Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Lingkaran Berdasarkan Teori APOS.

Arnon, I. et al. (2014) APOS Theory: A Framework for Research and Curriculum Development in Mathematics Education. New York: Springer Science+Business Media. doi: 10.1007/978-1-4614-7966-6.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2006) Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdiknas.

García-Martínez, I. and González, M. C. P. (2017) ‘The basis step in the construction of the principle of mathematical induction based on APOS theory’, The Journal of Mathematical Behavior, 46, pp. 128–143. doi: 10.1016/j.jmathb.2017.04.001.

Glaser, B. G. and Strauss, A. L. (1967) The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. CA: Sociology Press.

Hartono, Y. (2014) Matematika; Strategi Pemecahan Masalah, Graha Ilmu. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Inastuti, I. G. A. S. et al. (2021) ‘Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar’, Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), pp. 66–80. doi: 10.29303/griya.v1i1.4.

Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023, December). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 369-374).

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Nuha, L. (2021) Analisis Pemahaman Konsep Matematis Menurut Teori APOS Ditinjau dari Tipe Kepribadian Kelas VIII MTS Almaarif Sukorejo. Universitas Islam Malang.

Wathan, H. (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan Kuadrat. Universitas Islam Negeri Ar-raniry.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i1.23993

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika