PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA NEARPOD UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

adilfi refa maferik, Etika Khaerunnisa, Aan Subhan Pamungkas

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Pembelajaran kontektual dengan menggunakan media Nearpod diyakini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Serang Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan tujuan untuk meneliti penerapan pembelajaran kontekstual menggunakan media Nearpod terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental dengan menggunakan the nonequivalent pretest posttest control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Serang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIF dan VIIG yang diambil dengan teknik puposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen non tes. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual dengan E-Media nearpod lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3005/2208

Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105

Creswell, John. 2015. Educational Research. Planing, Conducting, and Evaluating Quantitativeand Qualitative. Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyani Soetjipto. 2015.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iswara, E., Darhim, D., & Juandi, D. (2021). Students’ Critical Thinking Skills in Solving on The Topic of Sequences and Series. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 385–394. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1317

Musyafa, M., Warsali, W., Milah, C. S., Aliyudin, A., Supianti, I. I., & Amam, A. (2020). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 69. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3263

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Oktafiani, O., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 124. https://doi.org/10.29210/022033jpgi0005

Octaria, E.A. (2018). Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Terhadap Kemampuan Bepikir Kritis Matematis. Jakarta: Skrispi UIN Syarif Hidayatullah.

Ramadhani, R., Huda, S., & Umam, R. (2019). Problem-Based Learning, Its Usability and Critical View as Educational Learning Tools. Journal of Gifted Education and Creativity, 6(3), 219. http://jgedc.org

Sari, D. P., & Amran. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keyakinan Diri (Self-Efficacy) Siswa. Al - Irsyad : Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(2), 213–222. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/8529

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v5i1.24004

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika