Analisis Pengaruh Harga, Selera Konsumen, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dilihat Dari Persfektif Manajemen Syariah (Studi Kasus: Sanjai Sil Aur Kuning Bukittinggi)

Maisaroh Maisaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak harga, preferensi konsumen, dan kualitas produk terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dipilih secara sengaja (purposive sampling) oleh pemilik Aur Kuning Bukittinggi, Sanjai Sil. Data primer dikumpulkan dari responden yang terlibat dalam penelitian ini. Hasil analisis menggunakan SPSS 16 menunjukkan bahwa uji hipotesis T dan F menunjukkan bahwa variabel independen (X1, X2, X3) memiliki pengaruh parsial terhadap variabel dependen (kepuasan konsumen/Y). Namun, nilai X3 melebihi batas yang telah ditetapkan, yaitu Sig>0,05 dengan nilai 0,87. Artinya, X3 tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (Y), seperti terlihat pada nilai Sig > 0,05.

 


Keywords


Kepuasan Konsumen, pengaruh, Selera Konsumen, Kualitas Produk

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Dita Putri, Srikandi Kumadji, and Sunarti Sunarti. (2016). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Adiministrasi Bisnis (JAB)a 32(1).

Basuki, Agus Tri, and Nano Prawoto. (2016). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonmi Dan Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2015). Konsumen Dan Pelayanan Prima. Bandung: Pustaka Setia.

Engel, James F. (1995). Perilaku Konsumen Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Istinjato. (2005). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kasmir. (2008). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nasution, M. Nur. (2004). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Prayatno, Duwi. (2011). SPSS Analisis Statistic Data Lebih Cepat Lebih Akurat. Yogyakarta: Medikom.

Prayatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Putri, Budi Rahayu Tanama. (2007). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.

Sangadji, Etta Memang, and Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Suantara, I. Gusti Putu Endra, Made Artana, and Kadek Rai Suwena. (2014). “Pengaruh Selera Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kabupaten Buleleg.” Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi 4(1).

Sundalangi, Marchelyno, Silvya L Mandey, and Rotinsulu Jopie Jorie. (2014). “Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2(1).

Umar, Husein. (2000). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Widjajanta, Bambang, Widyaningsih, Aristanti. (2007). Mengasah Kemampuan Ekonomi. Bandung: Citra Praya.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v7i2.22775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

........................................................................................................................

Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT)
ISSN (Online) : 2599-0837 
Accredited by DGHE Ministry of Education and Cultural Rep. of Indonesia: SINTA 5