Analisis Antrian Visitor Management System (VMS) di PT. PLN Indonesia Power Suralaya PGU
Abstract
Visitor Management System (VMS) telah menjadi elemen yang cukup fundamental dan penting dalam menjaga keamanan dan keteraturan di berbagai macam bidang organisasi yang ada di dunia, termasuk di lingkungan industri seperti PT. PLN Indonesia Power Suralaya PGU. Artikel ini menyajikan analisis antrian pada sistem VMS di instalasi tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman para pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode observasional dan analisis data untuk mengevaluasi performa antrian VMS. Hasil analisis mencakup waktu tunggu rata-rata, kecepatan layanan, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi alur kunjungan pengunjung. Temuan dari penelitian ini akan memberikan wawasan yang mendalam dan komprehensif tentang efektivitas sistem VMS saat ini dan menunjukkan potensi perbaikan. Dalam konteks PT. PLN Indonesia Power Suralaya PGU, peningkatan dalam manajemen antrian VMS dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan mengurangi waktu tunggu pengunjung. Implikasi praktis dari analisis ini dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan dan mengimplementasikan strategi yang lebih efektif dalam manajemen antrian. Studi ini dapat memberikan landasan bagi perusahaan sejenis untuk meningkatkan tata kelola sistem VMS mereka dan memberikan kontribusi pada upaya umum untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, efisien, dan ramah pengunjung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alkhodary, D., Abu-Alsondos, I. A., Ali, B. J. A., Shehadeh, M., & Salhab, H. A. (2022). Visitor Management System Design and Implementation during the Covid-19 Pandemic. Information Sciences Letters, 11(4), 1059–1067. https://doi.org/10.18576/isl/110406
Bataona, B., Nyoko, A., & Nursiani, N. putu. (2020). Bataona, Nyoko and Nursiani/ JOURNAL OF MANAGEMENT (SME’s) Vol. 12, No.2, 2020, p225-237. 12(2), 225–237.
Caneva, M. M. (2023). Automate Visitor Check-in and Leave Paper Behind. https://kmbs.konicaminolta.us/blog/visitor-management-systems/
Daengs GS, A., Istanti, E., & Kristiawati, I. (2022). PERAN TIMELIMENES DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER SATISFACTION, CUSTOMER LOYALTY PT. JNE. Jurnal Baruna Horizon, 5(1), 1–7.
Ghaithi, H. Al, & Eaganathan, U. (2016). a Brief Study and Implementation of Visitor Management System for Asia Pacific University , Malaysia. International Journal of Advance Research in Science and Engineering, No.5(No.4), 317–326.
Mather, B. (2023). Why are visitor management systems important. https://www.mrisoftware.com/blog/why-you-should-use-visitor-management-software-in-the-workplace/
Nengsih, M. K., Yustanti, N. V., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Dehasen, U. (2017). Muntilan. Analisis Sistem Antrian Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Padmalalita Muntilan, 12(1), 68–78.
Nurjaya Al-Kholis, H., Nursanti, E., & Priyasmanu, T. (2018). Analisis Sistem Antrian Pada Proses Pelayanan Konsumen di Rumah Makan. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 4(1), 14–19. https://doi.org/10.36040/jtmi.v4i1.202
Prastomo, A., & Syuhardi, Y. I. (2023). Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. DESIGN OF VISITOR MANAGEMENT SYSTEM APPLICATION IN THE INTERLINK LOBBY OF SEJAHTERA DATA CENTER Perancangan aplikasi visitor management system pada lobi interlink Data ce. Issue Period, 7(1), 139–146. https://doi.org/10.52362/jisicom.v7i1.1101
Purwanda, E. (2023). Evaluasi Waktu Tunggu di Loket Pendaftaran BPJS Rumah Sakit Al Islam Bandung. Jurnal Simki Economic, 6(2), 441–451.
Sudrajat, A., Sumartono, B., & Bhirawa, D. A. N. W. T. (2021). Analisis Penerapan Sistem Antrian di Bagian Service Mobil di PT CAR. Jurnal Teknik Industri, 7(2), 73–81.
Tampubolon, M. P. (2020). Change Management Manajemen Perubahan : Individu, Tim Kerja Organisasi. In Bogor; Mitra Wacana Media.
Tentama, F., Subardjo, & Dewi, L. (2020). The correlation between work motivation and job satisfaction of the academic staffs. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 2295–2297.
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v7i1.23801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
........................................................................................................................
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT)
ISSN (Online) : 2599-0837
Accredited by DGHE Ministry of Education and Cultural Rep. of Indonesia: SINTA 5