Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Barak Kota Subulussalam

Fitri Handayani, Kustoro Budiarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Kualitas Pelayanan dan Customer Experience  terhadap Kepuasan Konsumen di restoran Barak Kota Subulussalam. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 98 responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, teknik penggumpulan data menggunkan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda, pengujian koefisien determinasi kemudian uji hipotesis diantaranya adalah uji persial, uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kualitas pelayanan secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (2) customer experince secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (3) kualitas pelayanan dan customer experince secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Koefisien determinasi  sebesar 0,727 yang berarti variabel kualitas pelayanan dan Customer Experience mampu memberikan kontribusi terhadap pengaruh kepuasan konsumen konsumen sebesar 72,7% sementara sisanya 27,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat variabel lain yang menjelaskan kepuasan konsumen.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Customer Experience; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Arbania, V. S., & jaswita, D. I. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Experience Terhadap Kepuasan pelanggan di Bioskop CGV Teras Kota. Jurnal Perkusi: Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia, 75-88.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2015). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Bisnis: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 1-18.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran ; Pendekatan Praktis. Yogyakarta:

Lupiyoadi, R., & Hamdani, .. A. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Selemba Empat.

Matantu, N. R., & dkk. (2020). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Gran Puri Manado. Produktivity, 355-360.

Muhammad, F., & Febriatmoko, B. (2022). Pengaruh diferensiasi produk, persepsi harga, kualitas layanan dan kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. JURNAL MANAJEMEN, 263-270.

Purwanto, N. (2022). Pengaruh Customer Experience Terhadap Word Of Mouth Yang Dimediasai Oleh Customer Satisfaction (Studi Pada Konsumen Bank Syariah Mandiri Cabang Jombang). Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 50-58.

Putri, D. A., & Sarudin, R. (2023). Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Tamu Di Swiss-Café Restaurant Lampung. Jurnal Ilmiah Global Education, 1845-1853.

Salim, K. F., & dkk (2015). Pengaruh Customer Experience Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Tx Travel Klampis. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa , 322-340.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktisi : Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sari, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan konsumen pada PT. Pusri Palembang PPD Lampung. Journal Of Islamic Economics and Business, 196-208.

Septian, B. P., & Handaruwati, I. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kuliner Lokal Soto Mbok Geger Pedan Klaten. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 16-33.

Susanti, F., & dkk. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perpindahan Merk (Brand Switching) Pada Produk Susu. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 30-44.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, f., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utama, J. W. (2023). Analisis Pengaruh Customer Experience, Customer Value, Dan Ease Of Use Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Toko Online Di Shopee. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 336-344.

Yurindera, N. (2023). Mediasi Kepercayaan Konsumen pada Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Traveloka. Jurnal Esensi Infokom, 73-77.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jrbmt.v8i2.29757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitri Handayani, Kustoro Budiarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

........................................................................................................................

Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT)
ISSN (Online) : 2599-0837 
Accredited by DGHE Ministry of Education and Cultural Rep. of Indonesia: SINTA 5