IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI UNTUK ANAK USIA DINI DI KAMPUNG BAHARI

Dina Kusuma Wardhani, Lania Rizka Salam, Yanti Puspita

Abstract


PAUD Inklusi Kid’s Club merupakan salah satu sekolah yang menggabungkan anak berkebutuhan khusus dengan anak regular dalam satu kelas selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam mengajar dikarenakan kurangnya pendidik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan Implementasi penerapan pendidikan inklusi pada anak berkebutuhan khusus di PAUD Inklusi Kid’s Club dapat dipahami dari penerapan kurikulum untuk anak berkebutuhan khusus yang menggunakan kurikulum merdeka untuk anak usia 5-6 tahun dan kurikulum 2013 untuk anak usia 3-4 tahundengan adanya modifikasi. Peran guru terhadap anak berkebutuhakn khusus di PAUD Inklusi Kid’s Club Kampung Bahari adalah sebagai korektor, inspirator, informatory, organisator, motivator, inisiator, fasilitator, pembimbing, demonstrator, mediator, evaluator, supervisor, dan pengelola kelas. Kendala dalam pengimplementasian pendidikan inklusi yaitu kurangnya guru pendamping anak berkebutuhan khusus sehingga pembelajaran menjadi kurang maksimal. Hal ini dikarenakan hanya ada 2 guru untuk 1 kelasnya. Solusi dari permasalahn tersebut antar lain seharusnya ada 5 guru untuk satu kelas agar masing-masing guru memegang atau memperhatikan 3 anak agar proses pembelajaran menjadi maksimal dan guru juga dapat memperhatikan aspek-aspek perkembangan yang dimiliki oleh setiap anak dengan cermat.

Full Text:

PDF

References


Darma, I.P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 147-300.

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020.). Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan. 21 (1).

Nurhadisah. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran Agama Islam. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 201-211

Tabrani, Z. (2014). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Darussalam Publishing.

Wathoni, K. (2013). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pendidikan Islam. Ta’allum, 1(1), 99-109


Refbacks

  • There are currently no refbacks.