Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada UMK Durian Di Daerah Banten

Achmad Irfan Firdaus, Meutia Meutia

Abstract


This study aims to determine the effect of market orientation and environmental adaptability through product innovation on marketing performance. The samples studied were durian MSME actors (in the form of durian or durian processed) that were registered with the Banten Durian Entrepreneur Group (KPDB) with 70 businessmen in the Serang, Cilegon, Pandeglang and Lebak regions. Sources of research data are obtained from online questionnaires using google forms tools that are distributed via the whatsapp media group. Data processing uses the Structural Equation Model (SEM) approach with Smart PLS 3.0 Software. The results showed that market orientation and environmental adaptability didn’t have a positive effect on marketing performance, environmental adaptability didn’t have a positive effect on product innovation, market orientation have a positive effect on product innovation, and product innovation have a positive effect on marketing performance. From the results of this study indicate that MSEs have not been consistent in improving marketing performance, because durian is still classified as seasonal fruit and the price is high when it is out of season

Keywords


marketing performance; market orientation; environmental adaptability; product innovation

Full Text:

PDF

References


Charlina et al. 2016. Strategi Pasar Sebagai Pemediasi Antara Lingkungan Pemasaran Dengan Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR Prisma Dana Amurang. Jurnal EMB A Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 1340-1354

Dharmana & Bayu. 2017. Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 8, 2017: 4361-4390

Durian Woke. 2018. Data Statistika Penjualan Durian Woke. Serang, Banten

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryani. 2015. Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Vol 13 No 4, 2015 Hal. 653-661

Hair, J.F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M. 2014. A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). United States of America: SAGE.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Janti & Sri. 2013. Model Kinerja Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 April 2013 Hal. 56-68

Khamidah. 2005. Analisis Pengaruh Faktor Lingkungan Terhadap Inovasi Produk dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Perusahaan Kerajinan Keramik di Bantul, Yogyakarta). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. IV No. 03 Hal 231-246

KPDB. 2018. Data Komunitas Pengusaha Durian se-Banten. Serang, Banten

Kotler, Philip dan Armstrong G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12: Pearson Education.

Kotler, Philip dan Armstrong G. 2014. Principles of Marketing. Edisi 15: Pearson Education.

Prakosa, Bagas. 2005. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Danorientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Empiris Pada Industri Manufaktur Di Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi Vol. 2 No. 1 Januari 2005.

Sendhang. 2012. Analisis Pengaruh Lingkungan Industri Terhadap Strategi Pemasaran Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Usaha Kecil Kerajinan Kulit Tanggulangin). Jurnal Administrasi Bisnis Volume I Nomor 1 September 2012 Hal 72-83

Setyawati & Harini. 2013. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Prediksi Variabel Moderasi (Survey pada UMK Perdagangan di Kabupaten Kebumen). Jurnal Fokus Bisnis, Volume 12, No 02, Hal. 20-32

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukarno. 2011. Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMK Melalui Peran Lingkungan, Inovasi Produk dan Kreativitas Strategi Pemasaran. Ekuitas Vol. 15 No. 3 September 2011: 332 – 351

Sutarno. 2012. Serba-Serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tjiptono, Fandy, dkk. Strategi Pemasaran. Edisi IV. (Yogyakarta: Andi Offset, 2015)

Tri I, & Mudiantono. 2015. Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT Volume 4, Nomor 3, Tahun 2015, Halaman 1-12

Uncles, Mark. 2005. Marketing Metrics : A Can of Worm or the path to englighment. Journal of Brand Management . Vol 12 No 6

Undang- Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Wulandari A. 2013. Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran, Management Analysis Journal, Vol.1, No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v3i2.9368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

........................................................................................................................

Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT)
ISSN (Online) : 2599-0837 
Accredited by DGHE Ministry of Education and Cultural Rep. of Indonesia: SINTA 5