MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA PECAHAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DI SDN BUAH GEDE

ellysa kurniawati, Fina Rosiana, Joko Yuwono, Ratih Marwati, Siti Dede Agustiani, Yayu Winengsih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaran interaktif matematika pecahan dengan model drill and practice untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test post-test. Data penelitian diperoleh dari hasil tes soal berupa pilihan ganda dilakukan sebelum diberi perlakuan, saat diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan. Penelitian ini dilakukan juga untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan multimedia pembelajaran model drill and practice dan untuk melihat kelayakan media pembelajaran interaktif matematika pecahan. Tempat penelitian kelas 5 SDN Buah Gede Kota Serang dengan  jumlah sampel sebanyak tiga orang siswa. Penelitian ini membuktikan kemampuan menghitung siswa kelas 5 SDN Buah Gede, hal tersebut dibuktikan dengan melihat skor pre-test dan skor post-test siswa.

Kata Kunci


Media Pembelajaran Interaktif, Drill and Practice, Matematika Pecahan

Referensi


Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Geniofam. 2010. Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Garailmu.

Hamalik, Oemar. 1999. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Haryatno, Agung Hendri. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Alat Ukur Catodhe Ray Oscilloscope (CRO) untuk Siswa SMK. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Jalinus, Nizwardi., dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Mais, Asrorul. 2016. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Timur: Pustaka Abadi.

Rahardja, Djadja. 2006. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. University of Tsukuba: Center for Research on International Cooperation in Educational Development.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Somantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v4i1.5579

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .