PENGGUNAAN MEDIA JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG CEPAT DALAM PERKALIAN PADA ANAK TUNANETRA TOTALLY BLIND DI SKH MATHLA’UL ANWAR

Lusiana plb, Neti Asmiati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung cepat dalam perkalian pada anak tunanetra totally blind. Metode yang digunakan yaitu wawancara bersama guru dan interaksi bersama anaknya langsung. Sedangkan bahan yang digunakan yaitu papan Imprabroad 3 papan, paku payung secukupnya untuk angka braile agar timbul, papan digunakan sebanayak 3 yaitu untuk mengantisipasi agar duri paku tidak menerobos/ membuat luka orang disekitar, dan menggunakan bahan timbul halus untuk dibentuk jari tangan untuk perabaan. Pada tahap uji coba pertama media jarimatika yang dibuat ½ dari papan imprabroad,  tulisan braile terlalu berdempet dan tidak ada spasi karena papan yang terlalu kecil menjadikan anak ketika membaca yang seharusnya 2 malah menjadi 24 karena spasi yang kurang, pada tahap uji coba kedua menggunakan papan imprabroad 2x lebih besar dari tahap uji coba pertama, spasi sudah diperbaiki respon anak sangat. Media jarimatika ini jika diajarkan berkelanjutan media ini multifungsi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bisa dilakukan. tetapi untu kali ini saya lebih menekankan pada perkalian. Karena media terbuat dari paku payung dan diimabangi oleh bentuk 10 jari timbul untuk mempermudah prosses peraban serta diberikan perklian dasar untuk menyatakan benar atau tidak dari hasill yang sudah berikan. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media jarimatika dapat meningkatkan kemmapuan berhitung cepat dalam perkalian pada anak tunanetra totally blind di SMALB X di SKH Mathla’ul Anwar Menes.

Kata Kunci


Kemampuan Berhitung, Anak Tunanetra, Metode Jarimatika, Papan Impraboard

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Haryanto.2012.PengertianMediaPembelajar an./ pengertian jenis dan manfaat

Purbiningtyas, Karina 2013, ‘Pengaruh

Penggunaan Teknik Jarimatika Terhadap

Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Anak Tunanetra’, skripsi , Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Srirahajeng C, Luberta & Kustiawan, Esti 2014, ‘Pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian pada tunanetra kelas XI SMALB’, Jurnal P3LB, vol. 1, no. 1, pp. 89-95.

Sutrisno, “Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan”. Jurnal dimensi pendidikan dan pembelajaran”. Vol. 5 Januari 2016, 30.

Nunun Mahnun, “Kajian Terhadap Langkah – Langkah Pemilihan Media Dan Implemntasinya

Dalam Pembelajaran”. jurnal pemikiran islam. Vol. 37 No. 1 Januari-Juni 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v4i1.5588

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon 085223317028, Email: plb@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal UNIK : Jurnal Pendidikan Luar Biasa

UNIK telah diindeks di: Google Cendekia 

p-ISSN: 2443-1389 ; e-ISSN: 2548-8031

Diterbitkan oleh Jurnal Untirta , bagian dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa .